Membuat sendiri alat penghemat listrik

Posted by Kopenx Blog on Monday, May 18, 2009

Pernahkah anda mendengar alat penghemat listrik?apakah benar ada alat penghemat listrik? jawabannya adalah Ya, ada! alat ini biasanya tersedia di toko elektronik tertentu saja dan harganya pun cukup menguras kantong anda. apalagi jika penjualnya adalah agen sales dimana produknya adalah berupa alat penghemat listrik yang di MLM-kan. Kali ini kita bisa membuat sendiri dengan harga yang jauh lebih murah...

Lalu bagaimana cara kerja alat penghemat listrik ini sampai bisa 'menghemat listrik' ?? apa sebenarnya yang di 'hemat'?? mungkin anda masih bingung tentang hal ini. intinya alat ini benar-benar bisa menghemat pemakaian listrik di rumah anda dari 10-25%. Cara kerja alat ini adalah hanya mengurangi besaran cosinus dari kurva arus AC yang akan terbaca pada alat ukur pengukur kilometer di rumah anda. Tahukan benda besar yang menempel di dinding luar rumah anda dan di atasnya seperti ada cakram yang berputar?? Nah, alat tersebut akan bekerja jika ada beban AC melintas melalui sensor berupa kumparan kawat untuk mengukur besarnya arus AC yang melewatinya. Atau teori ilmiahnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa mereduksi sebesar mungkin puncak (peak dari besaran kurva AC (sinus-cosinus) agar terbaca sedemikian rendah.

Dalam dunia teknik elektro (karena saya adalah lulusan elektro), komponen yang berpengaruh terhadap arus AC adalah kondensator atau kapasitor dan lilitan atau induktor. yang dapat anda lakukan adalah mamfilter arus AC tersebut sebelum memasuki jaringan listrik di rumah anda. cara ini legal dan di perbolehkan oleh PLN sendiri karena kita sama sekali tidak akan mencuri sedikitpun listrik sebelum meteran penghitung arus yang menenpel di dinding luar rumah anda.

Lalu bagaimana cara membuatnya?? Buat seperti skema berikut ini...

Buat rangkaian di atas pada box plastik yang kuat dan pada. lebih baik dicor dengan gip's atau semen agar daya panasnya terbuang dengan baik. Selanjutnya hati-hati jangan ada kabel listrik yang kena terhadap kaleng tersebut atau anda akan tersengat listrik. lalu hanya kabel ground atau masa (jika ada) yang di hubingkan dengan kaleng. semakin dekat letak pemasangan alat dengan kilometer maka semakin optimal kinerjanya. kemudian gunakan kapasitor dengan kualitas yang bagus, yang lebih mahal lebih baik (harganya sekitar 30 ribuan). untuk SW adalah MCB yang berfungsi sebagai pengaman jika terjadi korsleting akibat kapasitor.

Rangkaian diatas sangat mudah dibuat. jadi tidak ada alasan untuk tidak membuatnya. sekalian belajar.. dan... buktikan sendiri khasiatnya, dengan pemakaain daya rutin yang relatif sama. anda bisa merasakan penghematan sekitar 25%.

Jika ada kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan silakan share disini. Selamat Mencoba :D

{ 59 comments... read them below or add one }

NAMA SAYA : WAHYU K said...

KEREN BANGET NIH..... KAPAN KAPAN KALO SEMPET TERUS ADA DUIT DAN ALATNYA, WAHYU COBA AH

Kopenx Blog said...

Silakan Coba dan rasakan khasiatnya. Saya juga pake di rumah :)

seizzler said...

Bro, J itu alat apa?

Kopenx Blog said...

@seizzler : J itu hanya sambungan saja dari alat ke kabel stop kontak. tapi bisa di Bypass langsung gak akan apa2. semoga membantu.

anistardi said...

Daya yg diukur oleh meteran rumah kita adalah V.A, jadi termasuk komponen imaginer yg dihasilkan oleh inductor dan capacitor. Memang kebanyakan beban listrik yang kita pakai bersifat inductance, jadi tepat jika untuk menghilangkan komponen imaginer memakai capacitor, namun seharusnya nilainya variable agar beban jadi seperti resitor (hanya mengandung resistance).

Kopenx Blog said...

@anistardi: Betul Pak, P=V.A jika terhadap beban adalah I2R (2=kuadrat). Menurut rumus yang saya hitung, idealnya itu untuk daya 450-900 watt adalah sekitar 8-9,xx uF (dibuletin saja). rangkaian di atas agar mempermudah untuk di praktekan saja tanpa pusing2 hitung rumus :)

adit said...

kapasitor nonpolar yang bentuknya seperti apa ?

Kopenx Blog said...

@adit : tepatnya seperti kapasitor yang ada pada pompa air, itu lebih bagus. bentuknya seperti tabung dengan diameter 4-5 cm dan panjangnya sekitar 10-14 cm.

Rendra said...

Kalau untuk rumah dengan listrik 2200 W kapasitornya perlu berapa uF?

Anonymous said...

Mohon infonya pak,
1.untuk 2200watt,berapa nilai Capasitor,MCB dan Fuse yg dipakai?
2.yg dicor untuk meredam panas hanya capacitornya kan?
3.rangkaian kan dibikin di box plastik,yg dimaksud kabel massa dihubungkan ke kaleng yg mana?

Terima kasih banyak sebelumnya,
Budi San

Kopenx Blog said...

@Rendra & anonimous :

1. Sebenarnya untuk nilai 10uF/450 V udah bisa mencakup 2200W. namun jika ingin lebih pas gunakan saja 10-12 uF/450-600V. untuk nilai kapasitor jangan terlalu besar nilainya.

2. Selain meredam panas, sebenarnya untuk isolasi agar mencegah hal-hal yang tidak di inginkan (kesetrum, korsleting, dll)

3. Jika box terbuat dari plastik,hubungkan saja ke lantai dengan menggunakan paku yang bersih, seperti massa pada mesin fotocopy.

Kopenx Blog said...

Untuk MCB, pakai yang 450 watt saja, untuk fuse pada listrik 2200 watt pakai yang 8-10A. semga membantu :)

Taufik said...

apa nggak bisa digantung/ditempel langsung ke saklar, tidak perlu dihubungkan ke lantai dgn paku bersih seperti massa pa mesin fotocopy.??

Kopenx Blog said...

@taufik : Bisa aja mas, asalkan groundnya tetap dipakai tapi knfigurasi ground seperti mesin fotocopy paling baik nilai nol-nya (faktor ground). semoga membantu

Anonymous said...

salam kenal mas,
untuk pemakaian rumahan 900Va- 1300va idealnya nilai uF berapa yang digunakan?, saya punya beberapa Oil Caps Motor Run antara 5-20uF
apakah Caps nya perlu di paralel dengan sebuah resistor u/ membuang muatan di C-nya jika alat tersebut tidak digunakan?

Ady

M said...

slm knl saya mau nanya pa ngambil groundnya dari mana?terus untuk kapasitor apa mudah di dapat di pasaran?makasih sblumnya.

chairul said...

mas Kopenx,

kalau untuk listrik 11000 Watt capasitornya berapa farad ?

thanks,
chairul

Anonymous said...

kayaknya om kopenk-nya gak mantau threat ini yaks.......?

Kopenx Blog said...

@chairul : Untuk daya listrik diatas 7700 Watt, saya sih lebih menyarankan beli aja mas :D, karena dilihat dari segi keamanan dan rumus perhitungannya sedikit berbeda. untuk daya 11000 Watt, kapasitor dengan nilai 40 uF sampai 45 uF sudah cukup memadai untuk memperbaiki faktor daya cos 'pi'. Yang perlu di perhatikan jika ingin membuatnya, kemasan harus terbuat dari pelat dan grounding yang baik dan gunakan kapasitor bank yang berkualitas. Teman saya juga ada yang pake tuh bikinan sendiri tapi yang 7700 Watt. dan berjalan baik. Semoga bisa membantu :)

Emma said...

mas.... mau tanya bisa buatkan skema rangkaian yang lebih detail (Contoh)

Emma said...

mohon maaf maklum belum jelas, untuk ground itu gimana mas cara pemasangannya kalo bisa lampirkan contoh gamabar (skema)secara mendetail. Thanks

Anonymous said...

mau tanya mas, saya pakai kapasitornya pumpa air bisa tidak?..

dimas said...

ya mas kalo bisa d perjelasan keterangannya
kan ga di jelasin tuh cara pasang kapasitornya?
kalo bisa scematiknya yg lebih komplit gitu mas.
makasih.:-t;))

aditya lessai said...

dari skema yg ada, bagi orang elektronika sih guampang merakitnya, tapi apa benar2 efektifkah rangkaian ini? bukankah ada faktor cos pi-nya?..

sifak said...

Kalau untuk 900 watt, capasitornyapakai ukuran berapa bos. Trms.

Mengapai Impian said...

Saya mw pesan capasitor 10uf/450v bs to g?
Hub saya 085 724 620 363

Jokoblitar@gmail.com said...

saya beli 4.5MFD / 250VAC untuk TL, apa bisa di pakai yang mas.
(jokoblitar[@]gmail.com

Salam http://gretha.web.id

Kopenx Blog said...

@menggapai impian : maaf saya gak jual mas :)
@jokoblitar : bisa mas :)

Anonymous said...

mas klo bisa tolong di post pict bahan dan proses pembuatannya lengkap biar lebih menarik & rame yang baca ;-)

Anonymous said...

capasitor gak nurunin penggunaan daya, hanya penggunaan arus yang turun akibat meningkatnya cos phi, penurunan arus inilah yang membuat tagihan listrik berkurang, karena kwh meter pln menggunakan kumparan arus sebagai penggerak meteran, semakin kecil arus di gunakan semakin kecil tagihan. sedang nilai daya dalam watt tidak berkurang. peningkatan cos phi pada konsumen sekala besar di wajibkan oleh pln, karena cos phi yang buruk dapat memakan arus yang sangat besar selisihnya dibanding dengan cos phi yang nilainya mendekati 1 dalam konsumsi daya yang nilainya sama.

Anonymous said...

saya gk ngerti komponen elektronik, bisa gk klo di foto saja component2 yg harus di beli

adi said...

pak mau tanya utuk kotak J itu apa yaa kalau listrik 1300 watt capasitornya dikasih yang berapa mF terus jenisnya yang palar apa nonpolar makasih

fahmysulaeman said...

map mas di jakarta dmna yah toko yg menjual capasitor 10 uf 450 w.?. mohon bantuannya , trimakasih.

myun said...

terima kasih postingannya ya..
salam kenal..
kunjungi juga blog saya fakultas teknik unand

Anonymous said...

wah telat nih. mau tanya mas, listrikq 900 watt, kalo nyalain ac pasti meteran anjlok. gimana nih biar angkatan gak anjlok. dulu pernah nih punya komputer juga itu, trus ama temen powersuplynya dikasih Resistor yang warnanya putih kotak agak panjang tulisannya 20 W. masangnya cuman salah satu kabel yang dapet listrik 220 V masuk ke Resistor itu dulu. hasilnya lumayan gak harus anjlok dulu meterannya. tapi itu komputer PC, nah kalo AC yang kira2 dayanya 1 pk, bisakah dengan hanya Resistor itu bisa, atao rangkaian mas diatas bisa juga jadi solusi ????? maaf nih panjang banget commentku. hi..hi.

mohrusdi said...

bagus sekali tutorialnya ini sangat berguna bagi saya karena saya pelajar yang mengambil urusan tehnik kelistrikan, mungkin bisa menjadi pelajaran baru bagi saya dan semoga bermanfaat bagi saya dan teman teman lainya


tapi kalau ada teman-teman yang ingin mengenal ruang lingkup aqidah
silakan mampir ke webs saya http://cakom.blogspot.com/

wasalamualaikum

Anonymous said...

mas tlng skemanya yg lbh jelas...dr riko

dodot said...

untuk teman2, jika tidak bisa mendapatkan Capasitor yg 10 uF/450, bisa menggunakan beberapa kapasitor yg berbeda nila dengan cara menghubungkan secara seri atau paralel.
Hasil uji coba cukup efektif, karena cos "phi" nya

Asepj said...

asep
mas saya mau tanya sy udah coba pake kapasitor sesuai skema,katanya bisa mengurangi arus tapi setelah saya ukur pake tang amper malah lebih besar ampernya kalau penghemat di aktifkan.mohon penjelasanya

Iklan Gratis said...

Penjelasan komponennya (komponen apa saja yang dipakai/nama dan kapasitas)
0857 5737 8151
e-mail : indo_20106@yahoo.com
www.iklanmdo.blogspot.com

nara jm said...

seandai nya alat yang bapak buat di gunakan di rumah apa tanggapan pln/legal/ilegal... trimakasih sebelumnya.

Mannixs-21 said...

Tanya MAs :
1. Penambahan ground pada PLN apa bisa menambah kekuatan listrik. Artinya tidak mudah jeglek (bhs. Jawa)
2. Apakah pemakaian alat di atas tidak berpengaruh pada keawetan perangkat seperti komputer dll?

solusi aki said...

penentuan nilai capasitor sangat tergantung dari pemakaian jumlah pemakaian setiap rumah perbulanya contoh pemakaian rata-rata sebulan 100 ribu nilai capasitor yang cocok rumus sederhana :
100 ribu dibagi 790 dibagi 30 hari dibagi 24 jam dikali 1000 = 175 watt rata rata perjam. dibagi 220 volt =0.8 dikali 30 % = 0,24 dibagi 0,075 dikali 2 = 6.4 uf pasti ok

Rumus baru : zakirskynet@gmail.com

allybjw.blogspot.com said...

numpang tanya mas, kalau rangkaian tersebut dirancang untuk 5 stop kontak yang ada mas, supaya lebih hemat lagi mas, apa ada pengaruhnya?mohon penjelasan mas.
trims

yuan avatar said...

ikutan belajar mas,,, yang di maksud grond di ambil dari mana?? bisa gak kalau kabel grond di atas plapon di lilitkan ke besi cor tiang rumah??

kang ipunk said...

ok mas bro makasi banyak atas info nya

miftahul ulum said...

salam kenal.
mas klo untuk mengatasi listrik biar g njeglek gimana ada tips utk rangkainya gak?

miftahul ulum said...

salam kenal
ada gak kira-kira rangkaian yang bias membuat listrik di rumah tidak njeglek

Muhammad Ichsandy said...

Mohon infonya pak,
kalau untuk rumah 3500Watt,berapa nilai Capasitor,MCB dan Fuse yg dipakai?
tolong infonya ya pak
thanks.

Joko Suryadi said...

selamat pagi mas,bisa nminta bantuan untuk menanyakan arti C yang ada di belakang itu apa

Joko Suryadi said...

makasih mas

lugupol said...

bisa buatkan skema ats buat pln-inverter?

agus irawan said...

pake dioda ga...?arus keluarnya yng mana

hatta andy said...

masang alatnya sebelum meteran listrik apa setelah meteran. thks

keogh daniell said...

maaf saya belum mengerti karena bukan lulusana nya hehe,tapi Gambar tersebut di jelaskanada kaleng nya ,waduh saya makin penasaran saja ,tolong share poto jika bisa "Cepisupendi@gmail.com/08997195798"please!!!

sudino dino said...

ok kita coba mass...

sudino dino said...

ok kita coba mass...

edi goang said...

mas said minta kirim skema yg jelas dong,terus J yg di maksud apa ya.makasih.alamat email saya: esa0374@gmail.com.sedetail detailnya mas.Makasih sebelumnya
salam kenal edi Batam

RIZALLIANO said...

kalau di kasih gambar yg udah jadi....yg awam pun pada ngerti mas bro....terima kasih.

Post a Comment

Silakan isi komentar anda di bawah :)